Informasi Kampus

Sambutan Ketua Program Studi PIAUD STIT SB Pariaman


Assalamu’alaikum wr.wb


Selamat datang di website Program Studi Pendidikan Islam anak Usia Dini  STIT Syekhburhanuddin Pariaman. Tujuan dari website ini adalah sebagai media komunikasi internal & eksternal calon mahasiswa, mahasiswa, dosen, staff, dan pemerhati dunia pendidikan.

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini semenjak berdirinya tanggal 11 Februari 2015 dengan nama prodinya PGRA (Pendidikan Guru Raudhatul Athfal), berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendis No. 1420/017. Pada bulan september pada tahun yang sama mulai diselenggarakan perkuliahan.

  Pada tahun 2016 berdasarkan surat keputusan Direktur jenderal Pendidikan Islam nomor :6943 tahun 2016 terjadi perubahan dan penyesuaian nomenklatur program studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam,. Dari Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) – sesuai PMA 36 tahun 2009-, berubah menjadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)- sesuai PMA 33 tahun 2016.

Selanjutnya pada tanggal 8 Februari 2017 nomor PTKIS.5/KPW.VI/KS/106/2017 berdasarkan kajian dan usulan ketua sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) syekh Burhanuddin pariaman pada waktu itu, program studi PGRA dirubah menjadi PIAUD untuk menyesuaikan nomenklatur program studi pada sekolah STIT Syekhburhanuddin Pariaman hingga sekarang.

Mekanisme penyusunan visi,misi, tujuan dan sasaran program studi PIAUD STIT syekhburhanuddin Pariaman dilaksanakan dan dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan akademik kebijakan institusi serta mencermati kebutuhan kompetensi lulusan yang diharapkan menjadi pasar kerja lulusan program studi PIAUD STIT Syekhburhanuddin Pariaman.

Visi Program studi PIAUD yaitu “Menjadi PRODI yang berkulitas dan profesional dalam menyiapkan tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan yang islami, kreatif, dan berakhlak mulia. “ ini sejalan dengan visi institusi STIT syekhburhanuddin Pariaman.

Dalam rangka pembinaaan mahasiswa sebagai manusia yang seutuhnya, aspek-aspek pembinaan diri di bidang keorganisasian, seni, dan budaya juga mendapat perhatian besar. Hal ini dapat dilihat dengan adanya berbagai kegiatan organissasi kemahasiswaan. Bentuk kegiatan intra kurikuler di STIT Syekhburhanuddin Pariaman teridiri atas kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi )HMPS), kepramukaan, Kumpala, Pencinta alam, (Kumpala), Lembaga dakwah Kampus (LDK), Teater, English Competition Club(ECC). Untuk kegiatan ekstra di luar kampus diantaranya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan lain-lainnnya.

Program Studi PIAUD STIT Syekhburhanuddin Pariaman telah memiliki kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Rancangan, isi, dan implementasi kurikulum disesuaikan dengan jati diri, visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi. Kurikulum Program studi PIAUD dirancang secara Dinamis. Muatan kurikulum PIAUD STIT Syekhburhanuddin Pariaman disesuaikan dengan perkembangan eksternal pada sektor riil pendidikan Islam anaka Usia Dini yang ada.

  penelitian di program Studi PIAUD sebagian besar berkaitan langsung dengan kebutuhan dan kemanfaatan pada masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena program Studi PIAUD dalam posisi sedang tumbuh dan berkembang. Pada tahap ini analisis-analisis empirik dan aplikabel merupakan kebutuhan yang mendesak dan prioritas. Kualitas, produktifitas, relevansi, dan sasaran penelitian dapat ditunjukan oleh arah penelitian dan karya tulis ilmiah yang berorientasi pada studi kelayakan, serta penelitian persepsi masyarakat terhadap prodi PIAUD.

Demikian juga aktifitas pengabdan masyarakat, kualitas, produktifitas, relevansi dan sasaran ditujukan oleh besarnya frekuensi aktifitas pelatihan, woshop dan lokakarya, serta seminar, dan ceramah

Akreditasi terakhir Program Studi Pendidikan islam anak Usia Dini STIT Syekhburhanuddin Pariaman dilaksanakan pada tahun 2018 dengan , dengan status Terakreditasi C  dengan SK BAN –PT No. 2680/SK/BAN-PT/Akred/PTVIII/2017.

Media ini juga digunakan dalam rangka mendukung sistem rekrutmen mahasiswa, penyelenggraan pendidikan dan jejaring alumini Program PIAUD STIT Syekhburhanuddin Pariaman.

Namun demikian, tentunya media ini harus terus dievaluasi dalam rangka peningkatan kualitas agar manfaatnya dapat lebih dirasakan oleh berbagai pihak. Masukan terhadap media ini tentunya sangatlah diharapkan dalam rangka membantu proses penyempurnaan tersebut.

 

Ketua Program Studi


Neni Triana, MA

            NIDN :2112067902